Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Tugas Produktif 1

1. Penyebab dari Congestion (kepadatan/kemacetan) di lalu lintas jaringan komputer ?

Jawab :

Terlalu banyak host dalam sebuah broadcast domain. Host artinya alat yang terhubung ke jaringan yang bisa menerima dan mengirimkan informasi dari dan ke alat lainnya dalam jaringan tersebut . Broadcast domain adalah kumpulan dari alat - alat di sebuah segmen jaringan yang menerima paket broadcast yang dikirim oleh alat-alat yang lain dalam segmen jaringan tersebut.

Broadcast Storm. Terjadi karena semua alat mengirimkan paket broadcast keseluruh alat-alat yang lain melalui jaringan. Semakin banyak host maka semakin besar potensi broadcast storm.

Multicasting. Jika dalam suatu jaringan terdapat banyak komputer dimana setiap komputer mengakses beberapa halaman web bervolume tinggi dalam suatu waktu yang sama ,maka besar kemungkinan akan terjadi congestion.

Bandwith yang kecil. Jalur yang kecil akan membuat lalu lintas jaringan akan mudah padat jika dilewati oleh banyak data dalam suatu periode. Untuk solusinya di tunggu postingan saya yang berikutnya.


2. Tuliskan 7 Macam Layer OSI !

Jawab :

• Physical layer
• Data-Link layer
• Network layer
• Transport layer
• Session layer
• Presentasion layer
• Application layer


3. HUB dan Repeater terletak pada Layer apa ?

Jawab : HUB dan Repeater berada pada Layer Physical ( Layer 1 )


4. Bridge dan Switch terletak pada Layer apa ?

Jawab : Bridge dan Switch berada pada Layer Data-Link ( Layer 2 )


5. Router terletak pada Layer apa ?

Jawab : Router terletak pada Layer Network ( Layer 3 )


6. Apa yang di maksud dengan Windowing ?

Jawab :

Windowing merupakan salah satu bagian inti dalam jaringan komunikasi data, yang dimana pengiriman paketnya sering terlalu besar dalam satu segmen data. sehingga TCP membagi bagi data kedalam beberapa segmen. Setelah data dibagi ke beberapa segmen, data tersebut harus dikirim ke tujuan dengan menggunakan Flow control untuk mengatur jumlah data yang dikirim pada saat transmisi, Proses yang demikianlah Flow control dikenal sebagai windowing. Lebih jelasnya, windowing digunakan sebagai mekanisme TCP untuk meregulasi aliran paket dan mengurangi kemungkinan paket dibuang karena buffer penerima terlalu penuh.


7. Pada komunikasi Connection-Oriented transportasi data dapat di andalkan. Mengapa ? 

Jawab : 

Sebab peralatan yang melakukan transmisi, pada awalnya akan membuat sebuah session connection-oriented dengan sistem pasangannya, yang disebut call setup atau three way handshake. Kemudian data akan dipindahkan; setelah selesai, pengakhiran komunikasi akan terjadi untuk memutuskan rangkaian virtual yang terjadi.

(TCP) Transmission Control Protocol adalah suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable).Lapisan transport memindahkan data antara aplikasi pada perangkat dalam jaringan.

Fungsi dasar transport layer adalah menerima data dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil bila perlu, meneruskan data ke network layer, dan menjamin bahwa semua potongan data tersebut bisa tiba di sisi lainnya dengan benar.

Jadi, pada gambar di atas, lapisan transport mengatur alur untuk menjamin bahwa perangkat yang mentransmisikan data tidak mengirimkan lebih banyak data daripada yang dapat ditangani oleh perangkat yang menerimanya.


8. Peralatan Physical yang berada di sisi pelanggan dinamakan ?

Jawab : Dinamakan DTE (Data Terminal Equipment).

9. Layer data link di bagi menjadi 2 sub layer, sub layer apa sajakah ?

Jawab :

• Logical Link Control (LLC)
• Media Access Control (MAC)


10. Protocol yang di gunakan untuk mendukung lalu lintas data di sebut ?

Jawab : Disebut Routed Protocols.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jos gandos mobile

Unknown mengatakan...

Mantap sangat

Posting Komentar