Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Kriptografi

Kriptografi merupakan metode yang digunakan untuk mangacak data, sehingga orang lain tidak dapat membaca data yang dikirimkan.
Pada dasarnya, sistem jaringan komputer merupakan sistem jaringan yang terbuka. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pengaman jaringan yang akan melindungi aktivitas kita selama di dalam jaringan.
Kelebihan Kriptografi
1. Kerahasiaan
Merupakan layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atas kunci rahasia untuk membuka atau mengupas informasi yang telah disandi.
2. Integritas Data
Berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah untuk menjaga integritas data. Sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubtitusian data lain ke dalam data yang sebenarnya.
3. Autentifikasi
Berhubungan dengan identifikasi atau pengenalan baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus di autentifikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain sebagainya.
4. Tanda tangan data atau tanda tangan digital

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar